Wednesday, April 3, 2019

Pembekalan Dunia Industri

Pembekalan industri siswa SMK
Pada hari kamis, tanggal 4 April 2019 saya diminta untuk memberikan sharing session pada  SMK N 1 Duduksampeyan Gresik, disana saya memberikan pembekalan kepada calon lulusan SMK yang akan menyelesaikan program belajarnya disana. Judul yang saya bawakan adalah “Peluang Lulusan SMK menyongsong Dunia Industri”. Peserta yang dihadiri sekitar 90 orang an yang terdiri dari para siswa siswi
Acara yang mulai berlangsung dari pukul 9.30 – 12.30 WIB. Materi yang saya bawakan membicarakan mengenai bagaimana lulusan SMK menghadapi  dunia industri, dengan beberapa tantangan-tangangan yang harus dihadapi, mulai dari persaingan dari para SMK lainnya, persaingan kerja dengan dunia perguruan tinggi serta persaingan yang sudah berlangsung pada awal tahun depan (tahun 2016) yaitu MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).
Dalam materi tersebut, saya mencoba menyampaikan, bahwa Apa yang perlu dilakukan setelah Lulus SMK , yaitu ada 3 pilihan :

  1. Menikah
  2. Bekerja
  3. Kuliah
Semua nya itu adalah pilihan Anda , karena memang hidup adalah penuh dengan pilihan. Akan tetapi pilihan tersebut haruslah bercermin kepada cita-cita yang akan kita capai.
Untuk lebih jelasnya mengenai ke 3 pilihan tersebut , Saya mencoba menjelaskan satu per satu :
  1. Menikah
Menikah adalah sesuatu kewajiban yang akan dijalankan, hampir setiap orang pasti akan mengalami hal ini. Tetapi terkait dengan tema yang saya bawakan, saya tidak banyak bercerita secara dalam mengenai proses pernikahan, karena ini lebih banyak domainnya di KUA (Kantor Urusan Agama)
  1. Bekerja
Bekerja adalah pilihan bagi setiap orang untuk mendapatkan penghasilan, dimana penghasilan tersebut akan dipergunakan dalam kehidupan masing-masing. Dalam bekerja haruslah mempunyai kemampuan (skill) yang akan dijual kepada pengguna atas jasa pekerjaan kita. Coba kembalikan kepada diri Anda, apakah yang akan Anda kerjakan pada saat nanti Anda lulus SMK ? apakah Anda sudah mempunyai skill yang cukup atau belum ?, jika sudah mungkin Anda bisa melakukan pekerjaan tersebut, tetapi jika Anda belum mempunyai skill yang cukup mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan keahlian Anda.
  1. Kuliah
Kuliah adalah pilihan bagi setiap orang yang ingin mendapatkan keahlian lebih (baik soft skill maupun hard skill). Dalam perkuliahan nanti setiap orang akan banyak mendapatkan ilmu disana. Akan tetapi kembali lagi kepada masing-masing orang, untuk apa tujuan Anda kuliah ? apakah ingin mendapatkan gelar ? apakah ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi ? . Sebelum kuliah, ada beberapa hal yang Anda harus perhatikan, antara lain :
  1. Ambilah jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan Anda,
  2. Lihat peluang kerja dimasa yang akan datang
  3. Ukur Kemampuan Anda (dalam hal ini adalah kemampuan dalam hal , apakah Anda nanti mampu untuk mengikuti beberapa mata kuliah yang diambil)
  4. Ukur kemampuan keuangan Anda (Bagi yang kurang beruntung dari sisi pembiayaan, saat ini banyak sekali beasiswa-beasiswa yang ditawarakan oleh organisasi, baik instansi pemerintah, swasta baik dalam negeri maupun luar negeri. Carilah informasi ini melalui internet untuk memudahkannya)
Saya mencoba menjelaskan beberapa hal lainnya mengenai Bekerja dan Kuliah. Kedua hal ini, Anda harus mempunyai kompetensi. Apa yang dimaksud kompetensi ? Kompetensi adalah orang yang mempunyai 3 aspek yaitu : Skill (keahlian), Knowledge (Pengetahuan) serta Attitude (Perilaku). Mungkin Anda suka bingung membedakan 3 hal tersebut, saya coba menyingkat 3 hal tersebut adalah Skill (lebih berbicara mengenai kemampuan dari sesesorang), Knowledge (lebih berbicara mengenai pengetahuan seseorang), Attitute (lebih berbicara mengenai Kemauan sessoerang).
Jika kita melihat konsep teori gunung es, dimana gunung es terlihat kecil , akan tetapi pada saat dibawah mempunyai gunung yang besar, dan Anda masih ingat film Titanic bisa terbelah yang disebabkan karena gunung Es ? . Kesuksesan bisa saya umpamakan seperti konsep Gunung Es, yang terbentuk dari hal yang sangat besar yaitu dimulai dari Sikap mental à lalu akan terbentuk menjadi Karakter à setiap karakter yang terbentuk akan menjadi pola piker à dari Pola piker akan menjadi Perilaku à lalu kebiasan àsehingga dari kebiasan yang positifi akan menjadi kompetensi à dan berakhir kinerja yang sukses.
Untuk meraih kesuksesan, selain kompetensi Anda juga harus dibekali oleh suatu nilai yaitu SERTIFIKASI. Sertifikasi + kompetensi akan membuat Anda menjadi sesuatu yang bernilai.
Sertifikasi adalah : sebuah standard pengakuan sesesorang pada salah satu bidang (berdasarkan keahlian/ produk) oleh suatu organisasi organisasi/ badan yang melakukan standard sertifikasi tersebut.
Manfaat dari sertifikasi adalah, sebagai berikut :
  • Pengakuan akan keahlian
  • Nilai Jual terhadap keahlian
  • Investasi untuk Masa Depan
Jenis-jenis sertifikasi terbagi 2, antara lain :
1.Sertifikasi berdasarkan orientasi Produk
2.Sertifikasi berdasarkan orientasi pekerjaan

0 komentar:

Post a Comment