Sunday, November 15, 2020

Pekerjaan Mengefrais "Sesuai Dengan Pahat yang Digunakan, Ada Dua Macam Cara Mengefrais"

Pekerjaan Mengefrais
Pada mesin frais, umumnya terdapat tiga kemungkinan gerakan meja, yaitu gerakan horisontal, gerakan menyilang, dan gerakan vertikal. Pada beberapa meja juga memilikimgerakan putar, sehingga juga memiliki beberapa proses pengerjaan terhadap benda kerja.

Sesuai dengan pahat yang digunakan, ada dua macam cara mengefrais, yaitu :
1. Mengefrais datar (slab milling) dengan sumbu putar pahat frais selubung sejajar permukaan benda kerja. Ada dua macam cara mengefrais datar, yaitu :

a. Mengefrais naik atau pemakanan ke atas (up cut milling)
Pemotongan dilakukan oleh gigi pahat yang bergerak ke atas, di mana arah dan tekanan pemotongan berlawanan arah gerakan benda kerja. Penyayatan dimulai dari geram tipis ke geram tebal dan digunakan sebagai proses penghalusan (finishing).

b. Mengefrais turun atau pemakanan ke bawah (down cut milling)
Pemotongan dilakukan oleh gigi pahat yang bergerak ke atas, di mana arah pemotongan berlawanan arah dengan gerakan benda kerja. Penyayatan dimulai dari geram tebal ke geram tipis. Umumnya digunakan sebagai proses pengasaran (pekerjaan dengan kecepatan menghasilkan geram tinggi).
Mengefrais Tegak dan Mendatar

Gambar 2.11. Mengefrais Tegak dan Mendatar

2. Mengefrais tegak (face milling) dengan sumbu putar pahat frais muka tegak lurus permukaan benda kerja.

Di dalam suatu pengerjaan, gigi-gigi suatu pisau frais dapat rusak. Pisau frais yang tumpul akan menghasilkan permukaan benda kerja yang tidak bersih dan ukuran yang tidak teliti, sehingga pisau frais perlu diasah. Pisau frais digerinda pada bagian permukaan bebasnya. Sebagai contoh pada waktu pengerjaan pisau frais ditekan ke penyangga gigi dengan tangan, tangan yang lain menggerakkan meja pada pisau yang diasah sepanjang roda gerinda, satu demi satu gigi-gigi diasah dengan kasar, kemudian digerinda halus. Batu gerinda berbentuk cawan. Oleh karena itu, hanya satu sisi dari batu gerinda yang harus miring terhadap sumbu pisau yang diasah kira-kira 30 agar didapatkan sudut bebas yang baik, penyangga gigi diletakkan di bawah pusat pisau dengan suatu jarak tertentu.
Mengasah Pisau Frais

Gambar 2.12. Mengasah Pisau Frais

Untuk memasang benda kerja pada mesin frais ada empat cara, yaitu :
1) benda kerja diikatkan pada ragum yang dipasang dengan baut pada meja mesin
2) benda kerja langsung diikatkan pada meja mesin
3) benda kerja dipasangkan pada alat spesial yang nantinya dapat diikatkan pada ragum atau langsung diikatkan pada meja mesin
4) benda kerja diikatkan pada pelat cekam atau di antara dua senter

0 komentar:

Post a Comment