Thursday, June 4, 2020

Tempat kerja,peralatan dan pakaian kerja Las SMAW

Dalam proses pengelasan diperlukan tempat kerja yang dilengkapi dengan alat-alat las yang diperlukan serta kelengkapannya.

Tempat kerja.
Perlengkapan tempat kerja didalam pengelasan berupa :
 Perlengkapan tempat kerja didalam pengelasan berupa
Meja las yang terbuat dari baja dan tempat duduk berupa kursi kerja. Tempat kerja ini dilengkapi
pelindung ruang dengan memakai gordin pemisah, agar lingkungan kerja yang lain tidak terganggu oleh adanya cahaya busur listrik.
Tempat kerja sebaiknya dilengkapi dengan penghisap asap untuk menghisap uap, gas-gas dan asap dari atas meja kerja.

Pesawat Las SMAW.
Pesawat mesin las yang digunakan pada pengelasan busur listrik manual bermacam-macam, tetapi bila ditinjau dari jenis arus yang keluar (output) dari mesin las dapat digolongkan sebagai berikut :

1) Pesawat Las Arus Bolak-Balik (AC).
Macam-macam pesawat las dari jenis pesawat las arus bolak balik ini dapat berupa transformator las, pembangkit listrik motor diesel atau motor bensin tetapi yang paling banyak digunakan adalah
berupa transformator las yang mempunyai kapasitas 200 sampai 500 Ampere, pesawat las jenis ini sangat banyak digunakan karena biaya operasinya yang rendah disamping harganya yang
relatif murah dengan Voltase yang keluar dari pesawat transformator ini antara 36 sampai 70 Volt.
 Pesawat Las Arus Bolak-Balik (AC) SMAW
Pesawat Las Arus Bolak-Balik (AC)

2) Pesawat Las Arus Searah (DC).
Pesawat las arus searah ini dapat berupa pesawat transformator rectifier, pembangkit listrik motor disel atau motor bensin, maupun pesawat pembangkit listrik yang digerakkan oleh motor listrik.
Salah satu jenis dari pesawat las arus searah yaitu pesawat pembangkit listrik yang digerakkan oleh motor listrik (motor generator).
 Pesawat Las Arus Searah (DC)  SMAW
Pesawat Las Arus Searah (DC) 

Pakaian kerja.
Pada waktu mengelas, tukang las harus dapat mengamankan diri dari panas, pancaran sinar busur listrik dan dari percikan dan juga letusan api las.
 Pakaian kerja Las SMAW
Dalam pekerjaan las busur listrik pengelas harus memakai pakaian kerja yang celananya tidak mempunyai lipatan. Sepatu kerja hendaknya dipakai sepatu yang terbuat dari kulit dengan sol karet.
Pakaian kerja untuk tukang las sebaiknya dilengkapi dengan tutup kepala (helm), kulit pelindung badan (apron) dan pelindung kaki. Kedua tangan dilindungi dengan memakai sarung tangan dari kulit atau asbes.
 topeng pelindung dan kaca pelindungnya
Untuk mellindungi muka dan terutama mata, tukang las harus memakai topeng pelindung dan kaca pelindungnya harus sesuai dengan standart.
Topeng pelindung tersebut biasanya dilengkapi juga dengan kaca terang, yang dapat digunakan sebagai pelindung pada waktu membersihkan terak las.

0 komentar:

Post a Comment