Tuesday, October 6, 2020

Regulator Gas Las GTAW Yang Perlu Diketahui

Melalui pembelajaran tentang regulator gas pelindung pada las GTAW peserta didik dapat memahami cara kerja regulator gas pelindung, mengoperasionalkan dan merawat regulator gas.

Regulator gas adalah katup pengatur tekanan atau jumlah aliran (debit) untuk sistem instalasi pengaliran gas, meskipun berbeda-beda pada nilai tekanan isinya (sisi inlet), tetapi regulator dapat memastikan bahwa pada sisi keluaran (output), tidak akan melampaui tekanan atau jumlah keluaran tertentu yang sudah ditetapkan/diatur sesuai kebutuhan.

Regulator Gas Las GTAW Yang Perlu Diketahui

Sumber: http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Druckregler.png, 
Gambar 4.1 Prinsip kerja regulator gas (analog)

Ada dua macam regulator gas pelindung untuk mengatur jumlah gas yang digunakan dalam pengelasan yaitu dengan sistem kapiler (regulator manometer), batasan debit gas yang dikeluarkan ditunjukkan dengan jarum pada manometer kerja (analog), dan dengan sistem katup (regulator gelas pengukur), batasan debit gas yang dikeluarkan ditunjukkan dengan bola apung.

Regulator dengan manometer

Regulator Gas Las GTAW Yang Perlu Diketahui

Gambar 4.1 Regulator gas sistem manometer


Keterangan :
1. Manometer tekanan isi (botol)
2. Manometer jumlah aliran gas dalam liter/menit (debit)
3. Sekrup penyetel aliran gas
4. Katup penutup
5. Kapiler
6. Tanda macam gas
7. Warna kode pengenal untuk gas

Cara kerja (operasional) regulator dengan manometer
Setelah regulator terpasang pada botol gas, sebelum katup botol dibuka harus dipastikan bahwa sekrup penyetel aliran gas (4) dalam keadaan kendor/bebas. Kemudian buka katup botol, maka gas bertekanan dari botol mengalir ke regulator dan menggerakkan jarum penunjuk pada manometer tekanan isi yang mengindikasikan berapa tekanan isi botol. Pastikan kerapatan koneksi regulator dan botol. Selanjutnya setel jumlah debit gas yang diinginkan melalui sekrup penyetel aliran gas, maka jarum pada manometer kerja (2) bergerak ke angka yang diinginkan. Untuk ke pemakaian, buka katup penutup (4) maka gas mengalir ke pembakar las.

Regulator dengan gelas pengukur

Regulator Gas Las GTAW Yang Perlu Diketahui

Gambar 4.2 Regulator dengan gelas pengukur

Keterangan :
1. Manometer tekanan isi
2. Gelas pengukur debit gas (dengan bola apung)
3. Katup pengatur
4. Tanda pengenal macam gas
5. Warna kode pengenal untuk gas

Cara kerja regulator dengan gelas pengukur
Pada awalnya cara kerja regulator dengan gelas pengukur sama dengan regulator dengan manometer. Pada regulator jenis ini, penyetelan debit gas tidak melalui sekrup penyetel, tetapi melalui katup pengatur (3). Dengan membuka katup pengatur, gas mengalir mendorong bola apung didalam gelas pengukur dengan ketinggian bola mengapung berbanding lurus dengan pembukaan katup pengatur. Dengan demikian debit aliran gas dapat dibaca dan diatur pada angka berapa bola mengapung.

Perawatan regulator gas
􀁸 Perawatan regulator gas yang diperlukan adalah:

􀁸 Kondisinya harus dijaga dalam keadaan selalu bersih dan kering.

􀁸 Menjaga regulator untuk tidak jatuh.

􀁸 Meskipun peralatan ini sangat kuat tetapi ada bagian yang terbuat dari gelas yang mudah pecah, dan bagaimanapun memerlukan pemeriksaan rutin, penjadwalan pemeriksaan sangat tergantung pada intensitas penggunaan peralatan (sering , normal, atau kadang-kadang).

􀁸 Mengoperasionalkan dengan prosedur yang benar, antara lain mebersihkan bagian katup botol gas sebelum memasang regulator dengan cara membuka katup botol sekejap untuk mengeluarkan kotoran yang melekat di mulut botol (3 - 5x), saat pemasangan memastikan mur pengikat regulator ulirnya masuk dengan benar ke konektor di botol gas, mengencangkan maupun membuka mur pengikat dengan alat yang tepat, menjalankan penyetelan dengan tidak tergesa-gesa, dst.

􀁸 Tidak dibenarkan mengganti sebuah komponenpun dari bagian mekanik regulator gas, karena sebagai alat ukur harus memenuhi syarat kalibrasi.

􀁸 Dalam keadaan tidak digunakan sangat disarankan untuk dilepas dari botol gas, dibersihkan dalam keadaan kering, dan disimpan pada tempat yang aman.

Rangkuman
Prinsip regulator gas (Argon) adalah melalui sekrup/katup pengaturnya dapat mempertahankan aliran (debit) gas tetap stabil sesuai dengan kebutuhan, meskipun tekanan isi pad botol gas berubah / terkurangi.

Ada dua macam regulator gas pelindung untuk mengatur jumlah gas yang digunakan dalam pengelasan yaitu dengan sistem kapiler (regulator manometer), batasan debit gas yang dikeluarkan ditunjukkan dengan jarum pada manometer kerja (analog), dan dengan sistem katup (regulator gelas pengukur), batasan debit gas yang dikeluarkan ditunjukkan dengan bola apung.

Prinsip kerja regulator gas, yang pertama menunjukkan jumlah tekanan isi botol gas dan yang kedua melalui bagian pengaturnya dapat disetel jumlah aliran (debit) gas pada jumlah tertentu sesuai kebutuhan.

Meskipun peralatan ini sangat kuat, bagaimanapun memerlukan pengamanan, pemeriksaan, dan perawatan secara rutin.

Tugas
Peserta didik melakukan pengamatan terhadap regulator gas pelindung yang ada dibengkel las, mengidentifikasi komponennya dan melaporkan hasil pengamatan dalam bentuk gambar dan deskripsinya.
Tes Formatif
1. Ada berapa macam regulator gas pelindung? Sebutkan!
2. Jelaskan cara kerja regulator gas pelindung dengan manometer!
3. Mengapa regulator harus disimpan pada tempat yang aman?
4. Mengapa sebelum membuka katup botol, harus dipastikan bahwa sekrup penyetel bebas / tidak menekan?
5. Mengapa tidak dibenarkan mengganti komponen bagian mekanik dari regulator?
Lembar Kerja Peserta didik
Topik : Regulator Gas
Tujuan : Sesuai tujuan kegiatan pembelajaran 4
Waktu : 6 (enam) jam pelajaran
Alat-alat : Set regulator gas (Argon).
Bahan : Gas Argon.

Langkah kerja : Lihat cara kerja (opersional) regulator gas.

Instruksi kerja : Lakukan prosedur pemasangan dan pelepasan regulator pada botol gas. Pemasangan regulator sampai pada percobaan penyetelan debit gas yang keluar dari regulator.

Pelepasan sampai pada regulator dalam keadaan siap pakai kembali.

Keselamatan kerja: Pastikan bahwa lingkungan kerja aman, gunakan alat yang tepat, jaga ketepatan pemasangan bagian yang berulir, jaga regulator dari jatuh/benturan.

Gambar kerja: -


0 komentar:

Post a Comment