Thursday, September 24, 2020

Ampuh Banget Cara Mengobati Sakit Mata Akibat Cahaya Las

Buat kamu yang bekerja atau pun yang masih belajra mengelas tentunya tidak jarang sekali terkena sakit mata yang disebabkan efek cahaya sinar las, disamping rasa sakit dan pedih, efek tersebut bisa mengakibatkan fatal seperti bisa memyebabkan kebutaan. Biasanya sakit mata akibat sinar las disebabkan karena :

Baru mengoprasika mesin las
Kaca pelindung las sudah buram
Tempat tidak memungkinkan untuk pakai tameng dll


Ampuh Banget Cara  Mengobati Sakit Mata Akibat Cahaya Las

Mata akibat cahaya las
Untuk mencegah dan menangani hal- hal berikut kamu bisa mengatasinya dengan cara yang sangat mudah dan tentunya tidak mengeluarkan biyaya yang cukup tinggi.

Berikut cara mengatasi sakit mata akibat terkena cahaya las listrik :
1. Minum obat penghilang nyeri
Diantaranya Antalgin, Neuralgin dll
2.  Kompres dengan air es
Cara ini sejuk untuk dipraktekan dan langsung dibawa tidur lebih cepat sembuh.
3. Tetes mata Pantocain
Tetes mata ini sekali tetes bisa langsung sembuh dengan instan, cara ini bisa diandalkan untuk penyembuhan sakit mata akibat terkena Las.

Sakit mata akibat terkena las listrik bukan main rasa sakitnya. Tidak heran jika para pemula kerap kali mengeluhkan rasa sakit yang disebabkan pada saat mengelas.

Pada sebagian pemula, rasa sakit akibat las listrik ini terkadang menjadikan ancaman tersendiri sehingga banyak yang mengalami kegagalan di tengah jalan tanpa mau meneruskan untuk menjalani profesi sebagai tukang las terlebih las listrik. Untuk mencegah sakit mata ketika pengelasan anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Dantaranya yang harus dilakukan sebelum ataupun setelah mengelas agar tidak sakit mata akibat melakukan pengerjaan las:

Gunakanlah Alat Pelindung Kaca Mata Las Yang Layak Digunakan
Alat pelindung las yang paling utama ialah kaca las hitam yang dilengkapi dengan tameng atau gunakan Kacamata Safety. Mengapa kaca las hitam beserta tameng menjadi hal yang paling utama ? Sebab bahaya yang paling utama ketika pengelasan las listrik yaitu sinar ultra violet serta sinar ultra merah yang muncul ketika mengoperasikan las listrik. Sedangkan tameng las dapat meminimalkan mata supaya tidak terkena asap yang bisa mengakibatkan sakit mata.

Pakai Kawat Las Yang Baik
Dengan menggunakan kawat las atau elektroda yang baik, maka ketika penyalaan awal akan berjalan dengan lancar. Jangan menggunakan kawat las yang bagian ujung kawat tersebut sudah terkelupas lapisan fluksnya, dan jangan memakai kawat las dalam keadaan basah.

Ampuh Banget Cara  Mengobati Sakit Mata Akibat Cahaya Las
Tatap Las Bagian Bawah
Apabila ternyata perlu menatap ketika pengelasan berlangsung, maka sangat disarankan untuk menatap pada bagian bawah sinar las. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan rasa sakit terhadap mata. Akan tetapi cara seperti ini hanya dilakukan untuk tukang las yang sudah kebal terhadap sinar yang ditimbulkan ketika pengelasan berlangsung.

Obat Mata Perih Setelah Mengelas Menggunakan Kompres Mata
Supaya mata tetap segar lakukanlah kompres mata secara rutin dengan memakai parutan mentimun. Caranya yaitu hanya dengan memarut mentimun kemudian taruh parutan mentimun di kelopak mata dengan mata dalam keadaan terpejam. Salah satu obat tetes mata kena las listrik yang bisa anda coba bernama tetes mata pantocain, tetapi admin sarankan konsultasi dahulu ke dokter, karena bisa jadi obat mata tersebut terdapat efek sampingnya.

Itulah artikel mengenai cara mengatasi sakit mata akibat las listrik, untuk hasil terbaik sebaiknya pergi ke dokter. Serta berhati-hatilah ketika melakukan pekerjaan menggunakan las listrik, karena selain asap las nya yang berbahaya bagi kesehatan juga percikan api dari las lebih berbahaya lagi. Oleh karena itu penggunaaan kaca mata las sangatlah penting untuk kesehatan, serta keselamatan diri dan mata anda. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment