Monday, September 28, 2020

Bagaimana Men-“setup” atau Merangkai Perangkat Las GTAW Supaya Siap Digunakan untuk Mengelas

Sebelum melakukan pengelasan yang perlu dilakukan adalah bagaimana men-“setup”  atau  merangkai  perangkat  las  GTAW  supaya  siap  digunakan   untuk mengelas. 

Bagaimana Men-“setup”  atau Merangkai  Perangkat Las  GTAW Supaya  Siap  Digunakan   untuk Mengelas
Sumber: http://www.millerwelds.com/resources/tech_tips/TIG_tips/how_to_weld.html 

Standar operasional prosedur (SOP) dalam merangkai perangkat las GTAW sebagai pedoman sebagai berikut: 
1. Mengecek kondisi semua komponen perangkat las GTAW mulai dari kondisi konektor sumber listrik, kabel-kabel, ketersediaan gas, regulator gas, slang gas, mesin las dan panel kontrolnya, sistem pendinginnya, pembakar las, elektroda tungsten, dan klem masa. Semuanya harus dalam kondisi baik dan siap pakai, bila perlu dibuatkan ceklis kondisi alat. 
2. Menghubungkan paket slang ke mesin las termasuk sambungan saluran gas dan air pendingin 
3. Menghubungkan kontrol remot baik yang sistem pedal kaki atau setelan dengan tangan 
4. Menghubungkan kabel masa ke mesin dan klem masa ke meja las atau benda kerja 
5. Memilih polaritas pengelasan, untuk pengelasan aluminium tombol diarahkan ke arus las bolak-balik (AC), untuk pengelasan baja dan baja paduan tombol diarahkan ke arus las searah (DCEN) 
6. Menyiapkan eletroda tungsten 
7. Merakit pembakar las, melonggarkan tutup pembakar las dan melepas tungsten dari pembakar. Melepaskan nozle dan kolet tembaga dari pembakar. Memasang kolet dan dudukannya ke pembakar dengan kencang. Memasang nozle kembali ke pembakar. dan memasang elektroda tungsten kedalam kolet pembakar las dengan kemunculan ujung elektroda 3 – 6 mm atau tidak lebih dari diameter dalam nosel gas, dan mengencangkan tutup pembakar las. 
8. Setelah memastikan botol gas pada posisi dan kondisi aman, membuka sebentar katup gas untuk mengeluarkan kotoran dan dilanjutkan memasang regulator gas (penyetel aliran gas belum dibuka) pada botol gas dan menghubungkan dengan slang ke mesin las. Mengecek kerapatan sambungan slang gas (dengan air sabun). 
9. Mengecek dan menghubungkan konektor daya utama, memastikan catu daya tersambung ke mesin. Menghubungkan ke stopkontak listrik yang sesuai, atau menghubungkan sesuai dengan prosedur yang diberikan dalam buku manualnya. 
10. Menghidupkan mesin melalui tombol utama, membuka katup gas dan menyetel aliran gas melalui penyetel aliran gas di regulator gas dan tombol cek gas di panel mesin. 
11. Menyiapkan benda kerja untuk uji coba, mencoba penyalaan busur dan menyetel kuat aru las.  

0 komentar:

Post a Comment