Monday, September 28, 2020

Konstruksi perangkat las GTAW "Penjabaran Las GTAW"

Teknologi las GTAW, unit ini menggambarkan kegiatan melakukan pengelasan dengan proses las busur gas tungsten (GTAW)  yang meliputi  persiapan material, pengesetan mesin las dan elektroda berdasarkan spesifikasi, menghubungkan dan mengeset peralatan pengelasan dengan cara aman, mengidentifikasi metoda pengelasan, proses pengelasan sesuai dengan tujuan umum sesuai kualitas standar, memeriksa hasil pengelasan / cacat pengelasan pada sambungan secara visual dan membuat catatan pengelasan sesuai prosedur operasi standar. 

Tujuan Pembelajaran Melalui pembelajaran tentang perangkat las GTAW peserta didik dapat memahami, mengeset, mengoperasionalkan, memelihara perangkat las GTAW. 

Uraian Materi Las TIG ( Tungsten Inert Gas Welding) adalah nama dalam bahasa Inggris untuk Wolfram Inert Gas  (WIG schweissen) dalam bahasa Jerman atau kalau dalam bahasa Indonesia dapat kita sebut sebagai las busur gas elektroda tungsten. Jenis las ini adalah salah satu metode yang termasuk paling penting dalam pengerjaan baja paduan tingggi (high-alloy) dan logam bukan besi (non-ferrous) seperti aluminium, tembaga, titanium, Molibdenum dan paduan dari padanya. Karena stabilitas busur yang tinggi, maka las TIG atau GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) adalah yang terbaik dari proses las listrik modern, karena penyebaran panas yang berlebihan pada benda kerja dikurangi dengan adanya penambahan gas pelindung inert yang sekaligus sebagai gas  pendingin. (http://www.manulia.de/, 10.12.2013) 

Las GTAW (TIG welding, EN ISO 4063:. Proses 141) berasal dari Amerika Serikat, di mana pada saat itu tahun 1936 dikenal sebagai argon arc welding. Tidak sampai awal tahun 1950-an, mulai dikembangkan di Eropa. Di negara-negara berbahasa Inggris, berarti proses las TIG atau GTAW. Dalam kedua singkatan tersebur ditemukan kata "Tungsten", itu adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk Wolfram, didaratan Eropa terutama Jerman atau negara-negara yang berbahasa Jerman, disebut las WIG (Wolfram Inert Gas). Sebutan tersebut didasarkan pada karakter komponen yang digunakan, yakni elektrodanya terbuat dari logam wolfram (tungsten) dan gas pelindung yang digunakan berupa gas inert (netral). 

Metode ini dibandingkan dengan proses pengelasan fusi lainnya, lebih memiliki sejumlah keunggulan. Dalam hubungannya dengan las TIG berpulsa dan TIG arus bolak-balik dalam proses pengelasannya dapat meningkatkan kemampuan pencairan material las. Dalam pengelasan TIG, hampir tidak ada cacat las, dan beban kesehatan karena asap las relatif rendah. Sebuah keuntungan tertentu dari pengelasan TIG adalah bahwa juru las tidak bekerja dengan elektroda habis sekali pakai. Pengelasan dilakukan dengan penambahan logam pengisi. Juru las dapat menyesuaikan kekuatan las secara optimal untuk tugas pengelasan dan harus memahami hanya sebanyak pengisian yang diperlukan. Hal ini membuat metode ini sangat cocok untuk akar lasan (root) dan segala posisi pengelasan.  Sistem pengelasan TIG terdiri dari sumber daya yang dapat dihubungkan, dalam banyak kasus pada pengelasan arus searah atau bolak-balik, dan pembakar las yang terhubung ke sumber arus las melalui paket selang dan kabel. Paket selang dan kabel saat pengelasan mengalirkan pasokan gas pelindung, arus las, dan air pendingin (untuk sistem pendingin air). 

Gambaran tentang Las Busur Gas adalah cara pengelasan dimana aliran gas pelindung menyelubungi daerah lasan dan melindunginya dari pengaruh buruk udara atmosfer, busur las menyala diantara elektroda wolfram (tidak mencair) dan benda kerja. Gas inert yang tidak menimbulkan reaksi kimia, seperti Argon dan Helium atau campuran dari padanya menyelubungi sekaligus melindungi elektroda wolfram dan kawah las dari pengaruh udara. 

 
Konstruksi perangkat las GTAW "Penjabaran Las GTAW"

Sumber: http://schweissaufsicht.ansa.ch/wig/wig1.html
 Gambar 1.1 Konstruksi perangkat las GTAW  
Keterangan gambar: 
1. Sambungan (konektor) sumber arus listrik 
2. Sumber arus las dan unit kontrol: sistem pendingin air dengan tangki pendingin tambahan, pompa pendingin dan sirkulasi pendingin (chiller) 
3. Botol gas pelindung 
4. Katup pengatur aliran gas dengan meter aliran gas 
5. Sistem pengendali pembakar las 
6. Saluran gas pelindung 
7. Kabel arus las 
8. Pembakar las dengan tombol 
9. Kabel masa dengan penjepit benda kerja 
10. Elektroda tungsten 
11. Gas pelindung 

Gambaran tentang Las Busur Gas Elektrod Tungsten (GTAW) adalah cara pengelasan dimana busur las menyala diantara elektroda tungsten dan benda kerja dan aliran gas pelindung menyelubungi busur las dan daerah lasan (kawah las) serta melindunginya dari pengaruh udara atmosfer. 
 
Konstruksi perangkat las GTAW "Penjabaran Las GTAW"

Sumber: http://schweissaufsicht.ansa.ch/wig/wig1.html
Gambar 1.2 Proses las GTAW 
 




 

0 komentar:

Post a Comment