Sunday, September 20, 2020

Piercing (Forging) Dan Aplikasinya Pada Uji Kekerasan Material.

Piercing (Forging)

Piercing adalah proses mengindentasi permukaan benda kerja dengan menggunakan punch dalam rangka untuk membuat sebuah rongga pada benda kerja (mengindentasi: membuat lekukan atau cekungan). Pada proses ini benda kerja bisa ditahan (dibatasi) di dalam sebuah wadah (cetakan) atau bisa juga tidak ditahan. Perubahan bentuk yang terjadi pada benda kerja tergantung pada berapa banyak tahanan atau batasan diberikan.

Piercing (Forging) Dan Aplikasinya  Pada Uji Kekerasan Material.

Gaya merupakan salah satu faktor penting dalam piercing. Beberapa hal yang memengaruhi gaya piercing antara lain: luas penampang punch, bentuk dari ujung punch, kekuatan material, dan besarnya gesekan pada permukaan luncur. Besar tekanan pada piercing bisa berkisar antara tiga hingga lima kali kekuatan material. Besar tekanan tersebut rata-rata mendekati tingkat tegangan yang diperlukan untuk membuat sebuah lekukan pada uji kekerasan material.


Aplikasi Piercing

Salah satu aplikasi piercing dapat dijumpai pada pembuatan lubang segienam di kepala baut tanam. Selain itu, piercing juga dilakukan untuk membuat lubang pada produk-produk tempa.


0 komentar:

Post a Comment