Tuesday, March 3, 2020

7 Tips Mempersiapkan Fisik dan Mental Saat Ujian Nasional Yang Mantap

Untuk teman-teman yang sedang duduk di bangku SMA/SMK kelas 3 yang saat ini sedang menghadapi Ujian Nasional 2020, tentunya juga harus mengetahui bagaimana caranya mempersiapkan fisik dan mental selama ujian.

7 Tips Mempersiapkan Fisik dan Mental Saat Ujian Nasional Yang Mantap

Berikut 7 Tips Mempersiapkan Fisik dan Mental Saat Ujian Nasional

1. LATIHAN SOAL
Salah satu satu cara agar kamu siap mental selama ujian adalah mensimulasikan suatu hal yang akan kamu hadapi secara berulang-ulang. Dengan kamu terbiasa mengalami suatu hal, secara psikologis kamu akan lebih tenang nantinya karena tubuh dan otak kamu sudah terbiasa dengan situasi itu.

Dalam hal ujian, kamu harus latihan soal berulang-ulang dengan mengkondisikan seperti Ujian Nasional yang sebenarnya, memberikan batasan waktu, dan tidak buru-buru melihat kunci jawaban.

Dengan melatih diri kamu dalam situasi ujian secara berulang-ulang, tubuh dan otak kamu akan lebih terbiasa dengan situasi ujian, tekanan mental, waktu yang terbatas, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu akan jauh lebih memahami taktis dan memperhitungkan efisiensi waktu dalam mengerjakan soal ujian yang sebenarnya. Hal ini juga bisa kamu lakukan untuk menghadapi ujian masuk Universitas.

2. JAGA KESEHATAN DAN KONDISI TUBUH
Atur pola tidur, jangan belajar mati-matian sampai begadang, kurang istirahat, dan terlalu memforsir tubuh habis-habisan. Akhirnya saat hari ujian, kondisi tubuh menjadi kurang fit, sehingga sulit berkonsentrasi penuh.

Makanlah yang teratur dan minum multivitamin. Atur kadar gizi dalam tubuh, supaya tubuh dan otak dapat menerima nutrisi yang baik sebelum maju ke medan tempur.

Jangan melakukan kegiatan olahraga berlebihan yang berpotensi cedera, seperti main futsal, basket, dance, karate, outdoor adventure, dan sejenisnya. Kamu masih bisa melakukan hal itu sepuasnya setelah kamu lulus ujian.

3. PERSIAPKAN SEMUA PERALATAN LENGKAP UNTUK UJIAN
Pastikan setiap malam sebelum esok hari ujian kamu sudah mempersiapkan semua peralatan ujian yang dibutuhkan, dari mulai pensil 2B, penghapus, penggaris, kalkulator (jika diperbolehkan), kartu peserta ujian, jam tangan, alas/tatakan kertas, dan lain-lain. Simpan di satu tempat agar tidak ketinggalan dan pastikan kamu membawanya saat ujian.

4. DATANG TEPAT WAKTU
Pastikan kamu bangun tepat waktu. Jika perlu, pasang beberapa alarm supaya kamu tidak kebablasan tidur. Untuk kamu yang susah buat bangun pagi, mintalah bantuan orang rumah untuk membangunkanmu tepat waktu.

Pastikan kamu sudah tahu lokasi ujian di gedung apa, di lantai berapa, di ruangan mana, dan kursi nomor berapa. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu pagi-pagi sebelum ujian dengan panik karena tidak tahu lokasi gedung dan ruang ujian di mana.

Pastikan kamu menghitung estimasi waktu berangkat dari rumah ke lokasi ujian. Untuk yang membawa kendaraan sendiri, pastikan kondisi motor/mobil, cek ban bocor, bensin ada atau tidak, dan lain sebagainya.

5. HINDARI KONFLIK EMOSIONAL
Hindari konflik emosional, seperti pertengkaran dengan pacar, gebetan, sahabat, saudara, bahkan orangtua kamu. Hal seperti itu bisa sangat menguras emosi dan bisa membuatmu tidak maksimal selama ujian.

6. SIAPKAN STRATEGI MENJAWAB SOAL
Pikirkan strategi dalam menjawab soal supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Strategi di sini maksudnya adalah bagaimana caranya agar kamu bisa memanfaatkan waktu yang tersedia dan menyesuaikannya dengan tingkat kesulitan soal dan kesiapan kamu dalam ujian, seperti menganalisa soal terlebih dahulu begitu kamu mendapatkan lembar soal, Kerjain soal yang mudah terlebih dahulu, jangan terlalu lama berkutat pada 1 soal yang sulit, dan lain sebagainya.

7. DOA
Setelah kita melakukan semua itu, maka yang terakhir yang harus dilakukan yakni berdoa dan memasrahkan semuanya kepada Tuhan yang maha esa, karena dengan kepasrahan dapat menimbulkan ketenangan jiwa dalam menjalani aktifitas selanjutnya, hasil urusan nanti yang penting adalah proses menuju kesuksesan
Tips Mempersiapkan Fisik dan Mental Saat Ujian Nasional Yang Mantap


Nah itu tadi 7 Tips Mempersiapkan Fisik dan Mental saat Ujian Nasional, yang juga bisa kamu praktekkan untuk ujian masuk Universitas. Semoga bermanfaat untuk teman-teman para siswa SMA/SMK yang sedang menghadapi Ujian Nasional 2020.

0 komentar:

Post a Comment