Monday, March 14, 2022

Aktivitas Pembelajaran Dalam Menyusun RPP berdasarkan hasil ‘Analisis KD dari KI 3 dan KI 4’ serta ‘Pemaduan Sintaks Model Pembelajaran dan Pendekatan Saintifik’

 D. Aktivitas Pembelajaran

Untuk mencapai tujuan pembelajaran sebagaimana dinyatakan dalam modul ini, Anda diminta untuk melakukan aktivitas sebagai berikut:
1: Membuat analisis keterkaitan SKL, KI, dan KD untuk pelajaran yang Anda ampu. Cermati table 1.5 yang ada pada lampiran. Gunakan LK. 1 untuk mengerjakan tugas ini.

2: Membuat analisis kerkaitan antara KI, KD dengan materi dan Indikator pencapaian Kompetensi dari pasangan KD 3 dan KD 4. Cermati contoh Tabel 1.6 pada lampiran. Gunakan LK 2 untuk mengerjakan aktivitas ini.
3: Menyusun RPP berdasarkan hasil ‘Analisis KD dari KI 3 dan KI 4’ serta ‘Pemaduan Sintaks Model Pembelajaran dan Pendekatan Saintifik’. Anda perlu membaca Rincian tentang RPP yg dijelaskan pada lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Gunakan LK 4
4: Melakukan telaah RPP yang dirancang teman sejawat Anda dalam kelompok lain. Gunakan format telaah RPP yang telah disediakan dalam modul ini. Pelajari Format telaah RPP dan cermati setiap aspek dalam format tersebut.
5: Melakukan simulasi mengajar sesuai dengan RPP yang sudah dibuat dengan berpedoman pada komponen-komponen yang tercakup di dalam Instrumen Penilaian microteaching. Gunakan Format Penilaian microteaching sebagai pedoman.

E. Latihan
Perhatikan soal di bawah ini, diskusikan dengan sesama peserta lain 
1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran harus sistematis, jelaskan maksudnya!
2. Jelaskan hubungan SKL, KI, dan KD!
3. IPK adalah perilaku yang dapat diukur dan atau diobservasi terhadap kompetensi dasar (KD). Apakah IPK yang dicantumkan pada RPP diturunkan dari seluruh kompetensi inti? bagaimana penulisannya pada RPP?
4. Buat rumusan tujuan pembelajaran yang mengandung unsur A-B-C-D

F. Rangkuman
1. Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.
2. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
3. Rincian tentang RPP dijelaskan pada lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
4. Pelaksanaan pembelajaran harus memenuhi beberapa unsur: ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, dan menyeluruh.
5. Komponen RPP mencakup: (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/ semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan dan sumber belajar
6. Untuk menghasilkan RPP secara utuh, maka dalam pengembangan dan penyusunannya harus melalui beberapa tahap, antara lain:
a) Analisis KI-KD untuk Indikator Pencapaian Kompetensi.
b) Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi.
c) Merumuskan Tujuan Pembelajaran,
d) Mengembangkan Materi Pembelajaran.
e) Menetapkan Model, Pendekatan, dan Metoda.
f) Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran.
g) Menentukan Alokasi Waktu.
h) Menentukan Alat/Bahan/Media dan Sumber Belajar..
i) Mengembangkan Perangkat Penilaian

Kunci Jawaban Latihan
Kegiatan Belajar 1

1. Salah satu unsur dalam perencanaan pembelajaran adalah unsur sistematis, yang dimaksud adalah bahwa antara unsur yang satu dengan unsur yang lainnya harus saling terkait, mempengaruhi, menentukan dan suatu dan suatu kesatuan yang utuh untuk mencapan tujuan atau kompetensi.

2. SKL adalah profil kompetensi lulusan yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mempelajari semua mata pelajaran pada jenjang tertentu yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi Inti merupakan tangga pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kelas tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran dirinci dalam rumusan Kompetensi Dasar.

3. IPK perilaku sikap spiritual (KD dari KI-1) dan sikap sosial (KD dari KI-2) tidak perlu dirumuskan sebagai indikator pada RPP, meskipun demikian perilaku sikap spiritual dan sikap sosial tersebut harus dikaitkan pada perumusan tujuan pembelajaran yang disusun berdasarkan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4.

4. Contoh rumusan tujuan yang mengandung unsur A-B-C-D


0 komentar:

Post a Comment