Wednesday, March 16, 2022

Pemilihan dan Pengembangan Media Pembelajaran Dan Aktivitas Pembelajaran Serta Latihan Jawaban Dengan Jawabannya

Untuk memberikan pengaruh yang signifikan, maka pemilihan dan penggunaan media harus benar dan tepat. Berikut ini beberapa kriteria yang dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan pemilihan media, sebagai berikut:


1. Sesuai dengan tujuan pembelajaran
Media pembelajaran harus dipilih berdasarkan tujuan pembelajaran dan menyentuh aspek kogintif, afektif, dan psikomotorik.

2. Tepat mendukung materi
Pemanfaatan media pembelajaran harus dapat mendukung materi ajar yang bersifat fakta, konsep, dan prinsip. Perlu dipahami bahwa tidak semua materi dapat disajikan secara mudah melalui media pembelajaran. Dalam tataran tertentu harus disajikan dalam symbol atau konsep atau sesuatu yang lebih umum, kemudian diikuti dengan penjelasan.

3. Sesuai dengan kemampuan peserta didik
Media pembelajaran yang dipilih hendaknya dapat diselaraskan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik dalam mendalami isi materi.

4. Praktis
Media pembelajaran yang dipilih tidak harus mahal dan selalu berbasis teknologi. Pemanfaatan lingkungan dan sesuatu yang sederhana namun secara tepat guna akan lebih efektif dibandingkan media pembelajaran yang mahal dan rumit. Simpel dan mudah dalam penggunaan, harga terjangkau dan dapat bertahan lama serta dapat digunakan secara terus menerus patut menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih media pembelajaran.

5. Dapat diaplikasikan oleh Guru
Guru harus benar-benar mampu menggunakan media yang telah dipilih. kebermaknaan media pembelajaran sangat ditentukan oleh seberapa terampil guru menggunakannya. 

6. Faktor peserta didik
Peserta didik terdiri dari banyak kelompok belajar yang heterogen. Untuk itu pemilihan media pembelajaran tidak dapat disamaratakan. Hal yang perlu diperhatikan mengenai kelompok belajar adalah besar kecilnya kelompok, latar belakang ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lain. Kemampuan belajar masing- masing siswa dalam kelompok juga wajib diperhatikan untuk memilih mana media pembelajaran yang tepat untuk dipilih.

Pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran harus memperhatikan kriteria-kriteria tersebut akan menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas dan sesuai digunakan untuk masing-masing materi pembelajaran.

Aktivitas Pembelajaran


Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, beberapa aktivitas yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut

1. Diskusilah dengan sesama peserta diklat di kelompok Anda untuk mengidentifikasi hal-hal berikut:
a. Kompetensi yang harus dicapai dalam mempelajari materi pembelajaran ini!
b. Bahan bacaan apa saja yang ada di materi pembelajaran ini
c. Cara mempelajari materi pembelajaran ini
Tuliskan hasil diskusi tersebut dengan menggunakan LK - 1

2. Pelajari bahan bacaan 1, lalu diskusikan dan gali informasi melalui internet tentang beberapa permasalahan berikut ini dalam kelompok Anda.

a. Mengapa media pembelajaran perlu dikuasai dan diperlukan dalam kegiatan pembelajaran.

b. Keuntungan apa saja yang diperoleh Guru, jika menggunakan media dalam pelaksanakan kegiatan pembelajaran.

Jawablah permasalahan tersebut dalam kelompok dan tuliskan jawabannya pada LK-2. 3. Lanjutkan dengan mempelajari bahan bacaan berikutnya dan temukan jawaban dari permasalahan berikut:

a. Faktor-faktor apa yang menjadi pertimbangan ketika memilih media yang tepat untuk suatu topik pembelajaran.

b. Buatlah diagram proses pemilihan media berdasarkan (1) lingkungan belajar; (2) tingkatan siswa; (3) karakteristik materi (contoh: konstruksi bangunan).

Latihan
Kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan seksama
1. Jelaskan pengertian media!
2. Jelaskan mengapa media pembelajaran perlu digunakan oleh Guru dalam kegiatan tatap muka di kelas?
3. Berikan contoh media-media pembelajaran yang masih tetap digunakan dalam pembelajaran!
4. Faktor apa yang perlu diperhatikan ketika memilih media pembelajaran?

Rangkuman
Proses pembelajaran merupakan kegiatan melaksanakan kurikulum, agar dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan sesuai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan pada dasarnya menghantar peserta didik menuju perubahan perilaku. Dalam mencapai tujuan tersebut, peserta didik berinteraksi dengan lingkungan belajar yang dikendalikan oleh guru melalui pembelajaran. Lingkungan belajar itu mencakup tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, metodologi, dan penilaian pembelajaran. 

Bahan pembelajaran adalah seperangkat materi keilmuan berupa fakta, konsep, prinsip, generalisasi suatu pengetahuan yang dapat menunjang tujuan pembelajaran. Dalam metodologi terdapat dua hal yang menonjol yaitu metode mengajar dan media pembelajaran.

Media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Media juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan (1) pesan, (2) merangsang pikiran, (3) perasaan, (4) perhatian, dan (5) kemauan siswa.

Media pembelajaran berdasarkan Sukartiwi (1996), dapat (1) meningkatkan motivasi peserta didik, (2) menghilangkan rasa bosan bagi peserta didik, (3) memudahkan peserta didik memahami materi pembelajaran, (4) membuat proses pembelajaran lebih sistematis. Secara empiris media pembelajaran ternyata dapat membangun daya tarik belajar hingga 43% (University of Minnesota); peningkatan belajar hingga 200% (University of Wisconsin); 38% materi yang telah dipelajari masih dapat diingat (University of Hardvard & Columbia); dapat menjelaskan hal kompleks dalam waktu singkat (Wharton School of Business).

Untuk memberikan pengaruh yang signifikan, maka pemilihan dan penggunaan media harus benar dan tepat. Kriteria yang dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan pemilihan media, adalah: sesuai dengan tujuan pembelajaran, tepat mendukung materi, sesuai dengan kemampuan peserta didik, praktis, dapat diaplikasikan oleh Guru, faktor peserta didi

Kunci Jawaban Latihan
Kegiatan Belajar 1
1. Salah satu unsur dalam perencanaan pembelajaran adalah unsur sistematis, yang dimaksud adalah bahwa antara unsur yang satu dengan unsur yang lainnya harus saling terkait, mempengaruhi, menentukan dan suatu dan suatu kesatuan yang utuh untuk mencapan tujuan atau kompetensi.

2. SKL adalah profil kompetensi lulusan yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mempelajari semua mata pelajaran pada jenjang tertentu yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi Inti merupakan tangga pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kelas tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran dirinci dalam rumusan Kompetensi Dasar.

3. IPK perilaku sikap spiritual (KD dari KI-1) dan sikap sosial (KD dari KI-2) tidak perlu dirumuskan sebagai indikator pada RPP, meskipun demikian perilaku sikap spiritual dan sikap sosial tersebut harus dikaitkan pada perumusan tujuan pembelajaran yang disusun berdasarkan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4.

4. Contoh rumusan tujuan yang mengandung unsur A-B-C-D

Kegiatan Belajar 2
1. Media dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan (1) pesan, (2) merangsang pikiran, (3) perasaan, (4) perhatian, dan (5) kemauan siswa.

2. Media pada prinsipnya dapat mempermudah hal-hal kompleks menjadi sederhana atau sebaliknya; media dapat mempersingkat waktu belajar (efisiensi), mengurangi kelelahan fisik bagi guru.

3. Papan tulis, Modul, Buku, Flipchart, Poster

4. Tujuan pembelajaran, peserta didik, kemampuan menggunakan media oleh guru

EVALUASI
Petunjuk:
Berilah tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang benar.
1. Kompetensi Inti pada ranah pengetahuan (KI-3) memiliki dua dimensi dengan batasan-batasan yang telah ditentukan pada setiap tingkatnya.
a. Pada dimensi perkembangan kognitif kelas X dan kelas XI dimulai dari memahami (C2), menerapkan (C3) dan kemampuan menganalisis (C4), untuk kelas XII ditambah hingga kemampuan evaluasi (C5).
b. Pada dimensi perkembangan kognitif kelas X dimulai dari memahami (C2), menerapkan (C3) dan kemampuan menganalisis (C4), untuk kelas XI dan kelas XII ditambah hingga kemampuan evaluasi (C5).
c. Pada dimensi pengetahuan (knowledge) kelas X berupa pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, sedangkan untuk kelas XI dilanjutkan sampai metakognitif.
d. Pada dimensi pengetahuan (knowledge) kelas X berupa pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, sedangkan untuk kelas XII dilanjutkan sampai metakognitif.

2. Menurut Permendikbud No. 103 Tahun 2014, komponen dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memuat ....
A. (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) kompetensi pembelajaran, (3) materi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, (4) kegiatan pembelajaran, dan (5) penilaian pembelajaran.
B. (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) kompetensi pembelajaran, (3) materi pembelajaran, (4) pendekatan pembelajaran, dan (5) penilaian pembelajaran.
C. (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) tujuan pembelajaran, (3) materi pembelajaran, (4)metodepembelajaran, (5)sumberbelajar,dan (6) penilaian.
D. (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan dan sumber belajar.

3. Dibawah ini merupakan rambu-rambu penyusunan RPP, kecuali ….
A. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran
B. RPP dikembangkan pada tingkat nasional dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi kemampuan emosi, maupun gaya belajar
C. RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik untuk melaksanakan proses belajar dan kerjasama
D. RPP sesuai dengan kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan terpusat pada peserta didik

4. Yang termasuk langkah pengembangan RPP yang tepat/ benar adalah:
A. Analisis KI dan KD untuk menetapkan Tujuan pembelajaran
B. Analisis KI dan KD untuk menetapkan materi pembelajaran
C. Analisis KI dan KD untuk menetapkan Indikator Pencapaian Kompetensi
D. Analisis KI dan KD untuk menetapkan model pembelajaran

5. Berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan perumuskan indikator
pencapaian kompetensi, kecuali...
A. Indikator merupakan penanda perilaku yang dapat diukur dan atau diobservasi untuk pengetahuan (KD dari KI-3) dan perilaku keterampilan (KD dari KI-4); perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan sikap (KD dari KI-1 dan KI-2) yang semuanya menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
B. Indikator perilaku sikap spiritual (KD dari KI-1) dan sikap sosial (KD dari KI-2) dapat atau tidak perlu dirumuskan sebagai indikator pada RPP, tapi perilaku sikap spiritual dan sikap sosial harus dikaitkan pada perumusan Tujuan Pembelajaran
C. Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) menggunakan dimensi proses kognitif (the cognitive process of dimention) dan dimensi pengetahuan (knowledge of dimention) untuk kompetensi pengetahuan, dan dimensi keterampilan abstrak atau konkret untuk kompetensi keterampilan
D. Pengembangan Indikator bersumber pada materi pokok dalam silabus dan materi buku teks, serta rumusan Kompetensi Dasar yang termuat dalam KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) sesuai dengan karakteristik peserta didik

6. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :
A. Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
B. Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran.
C. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
D. Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan

7. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
D. Standar Kompetensi Lulusan

8. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
A. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
B. Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
C. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran
D. Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi

9. Pemilihan media dilakukan dengan mempertimbangkan:
A. Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswa
B. Kecanggihan media
C. Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran
D. Kelengkapan dan kualitas media

10. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
A. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi.
B. Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
C. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.
D. Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi

11. Seorang guru menggunakan media dalam mengajar, hal ini karena:
A. Tuntutan kurikulum
B. Anjuran Kepala Sekolah
C. Media membantu siswa agar lebih mudah memahami materi
D. Keberadaan media mengurangi beban tugas guru

12. Penggunaan Media akan efektif dalam pembelajaran bila
A. Dapat membantu guru mempercepat materi
B. Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermain
C. Dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
D. Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target

13. Berikut ini keuntungan media dibuat oleh guru, kecuali:
A. Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar
B. Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai
C. Sesuai dengan tingkat karakteristik guru
D. Sesuai dengan materi yang disajikan

14. Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan kriteria …
A. Kesesuaian
B. Tingkat kesulitan
C. Ketersediaan
D. Kualitas teknis

15. Media yang kita gunakan di kelas hendaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria :
a. Kesesuaian
b. tingkat kesulitan
c. ketersediaan
d. kualitas teknis

KUNCI JAWABAN
1. A 
2. D 
3. B 
4. C 
5. D 
6. B
7. C
8. D
9. A
10. C
11. C
12. C
13. A
14. D
15. D

GLOSARIUM
1. RPP = Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, adalah rencana gegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
2. IPK = Indikator Pencapaian Kompetensi, adalah perilaku yang dapat diukur dan atau diobservasi
3. A-B-C-D = Audience, Behaviour, Condition, Degree
4. SKL = Standar Kompetensi Lulusan, adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan ysng mencakup Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan
5. KI = Kompetensi Inti, merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL
6. KD = Kompetensi Dasar, merupakan kemampuan yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui proses pembelajaran
7. Taksonomi, seperangkat prinsip klasifikasi atau struktur dan kategori ranah kemampuan tentang perilaku peserta didik.


0 komentar:

Post a Comment