Saturday, April 18, 2020

Kawat elektroda MIG ( metal inert gas )

MIG ( metal inert gas ) adalah salah satu jenis proses las cair (fusion welding) yang banyak digunakan pada pengerjaan konstruksi ringan sampai berat. Hasil maksimal akan dapat dicapai apabila jenis kawat elektroda yang digunakan sama dengan jenis logam yang di las. 

Jenis logam yang dapat di las menggunakan MIG ( metal inert gas ) ada beberapa macam antara lain :
a) Baja tegangan tinggi dan menengah 
b) Baja paduan rendah 
c) Baja tahan karat 
d) Aluminium 
e) Tembaga 
f) Tembaga paduan, dll 
Bentuk kawat elektroda yang digunakan pada MIG ( metal inert gas ) secara umum adalah solid wiredan flux cored wire , di mana penggunaan kedua tipe tersebut sangat tergantung pada jenis pekerjaan. 
 Kawat elektroda  MIG ( metal inert gas )

Solid wire digunakan secara luas untuk mengelas konstruksi ringan sampai sedang dan dioperasikan pada ruangan yang relatif tertutup, sehingga gas pelindungnya tidak tertiup oleh angin. Sedang flux cored wire  lebih banyak dipakai untuk pengelasan konstruksi sedang sampai berat dan 
tempat pengelasannya memungkinkan lebih terbuka ( ada sedikit tiupan angin ). Untuk menjaga agar kawat elektroda tidak rusak atau berkarat, terutama dalam penyimpanan, maka perlu dikemas. Kemasan/ pengepakan yang banyak dijumpai dalam perdagangan adalah berupa gulungan ( rol ) 
di mana berat gulungan kawat yang banyak digunakan adalah 15 kg, 17 kg dan 30 kg. 

0 komentar:

Post a Comment