Monday, April 27, 2020

Penyalaan Busur Las proses pengelasan MIG ( metal inert gas )

Arus listrik yang mengalir dari dan atau ke permukaan benda kerja mengakibatkan terjadinya busur listrikdiantara ujung kawat elektroda dan permukaan benda kerja, sekali busur listrik ini terbentuk, kawat elektroda akan mengalir secara otomatis dengan kecepatan tertentu dari gulungan kawat las ke dalam busur dan membentuk kawah las. 

Kawat las dan ujung kawat elektroda dilindungi oleh gas pelindung dari kemungkinan terjadinya 
kontaminasi atmosfir. Aliran arus, kawat las dan gas pelindung di aktifkan oleh operator melalui triger yang terdapat pada tang las atau welding gun gambar berikut ini menunjukkan proses pengelasan MIG.
 Penyalaan Busur Las proses pengelasan MIG ( metal inert gas )

Terjadinya penyemburan logam cair seperti diterangkan oleh gambar disebabkan oleh beberapa hal, antara lain polaritas listrik dan arus listrik. Dalam las MIG biasanya digunakan cara listrik arus searah dengan tegangan tetap sebagai sumber tenaga. Dengan sumber tenaga ini biasanya penyemburan terjadi bila polaritasnya adalah polaritas balik. Di samping polaritas ternyata bahwa besar juga memegang peranan penting, bila besar arus melebihi harga tertentu yang disebut harga kritik barulah terjadi pemindahan semur. Besarnya arus kritik tergantung pada bahan kawat las, garis tengah kawat dan jenis gas pelindungnya. Bila diameter kawat mengecil, besar arus juga harus menurun. 

Soal-soal latihan 
1.  Sebutkan keselamatan kerja yang harus diperhatikan dalam pemasangan perlengkapan atau peralatan las MIG ?
2.  Sebutkan pengaturan posisi yang aman dalam pengelasan las MIG ?
3.  Sebutkan prosedur penyetelan perlengkapan las MIG ?
4.  Jelaskan fungsi utama dari gas pelindung ?
5.  Jelaskan proses penyalaan busur las MIG ? 

2 comments: