Thursday, April 16, 2020

Pemasangan atau pengesetan mesin Las MIG ( metal inert gas )

Pengesetan atau pemasangan dalam sebuah alat berfungsi agar supaya alat atau mesin dapat berfungsi maupun digunakan sesuai dengan fungsinya. Pemasangan atau pengesetan dalam sebuah pengerjaan menggunakan Las MIG ( metal inert gas ) sedikit rumit apabila dibandingkan dengan las 
SMAW. Dalam pemasangan mesin las MIG ( metal inert gas ) dibutuhkan kehati-hatian, hal ini untuk mengurangi kesalahan dalam sebuah pengelasan.

Berikut ini adalah gambar pemasangan satu unit peralatan atau perlengkapan MIG ( metal inert gas ) yang biasa digunakan untuk pengerjaan konstruksi sedang sampai berat: 
 Pemasangan atau pengesetan mesin Las MIG ( metal inert gas )
Didalam mesin las MIG terdapat dua jenis mesin las yang sebenarnya adalah perata arus ( rectifier), yakni: 
1. Tipe berputar ( rotating) yaitu generator yang di gerakkan mesin ( engine driven generator) 
2. Tipe statis, yaitu transformer rectifierdaninverter
Untuk pekerjaan di bengkel lebih suka di sukai tipe statis yang acap menggunakan sumber listrik AC bertegangan 230 V atau 460 V. Tipe ini memiliki cepat tanggap ( quick respone), lebih tenang, dan tidak menghasilkan polusi asap. Sedangkan tipe berputar ( rotating) diperlukan dilokasi yang tidak memiliki sumber tenaga listrik dab di daerah atau medan terbuka di mana faktor polusi asap tidak terlalu dirisaukan. Kedua jenis ini dapat didesaian dan di konstruksi untuk memasok tenaga listrik Voltase tetap ( CV ). 

0 komentar:

Post a Comment